Cara Melakukan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s dengan SPSS

Cara Melakukan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s dengan SPSS | Setelah sebelumnya sobat telah melakukan Uji Validitas Product Momen dengan SPSS, selanjutnya yang harus sobat lakukan agar angket yang digunakan benar-benar dapat dipercaya sebagai alat pengumpul data maka perlu di uji reliabilitas atau tingkat kepercayaannya pula. Secara umum reliabilitas diartikan sebagai sesuatu hal yang dapat dipercaya atau keadaan dapat dipercaya. Dalam statistik SPSS Uji Reliabilitas berfungsi untuk mengetahui tingkat kekonsistensian angket yang digunakan oleh peneliti sehigga angket tersebut dapat dihandalkan, walaupun penelitian dilakukan berulangkali dengan angket yang sama.

Pada postingan kali ini saya akan berbagai Cara Melakukan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s dengan SPSS. Uji Reliabilitas dalam hal ini mengacu pada nilai Alpha yang dihasilkan dalam output SPSS. Seperti halnya pada uji-uji statistik lainnya hasil Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s pun berpedoman pada dasar pengambilan keputusan yang telah ditentukan.

Dasar pengambilan keputusan dalam Uji Reliabilitas adalah jika nilai Alpha lebih besar dari rtabel maka item-item angket yang digunakan dinyatakan reliabiel atau konsisten, sebaliknya jika nilai Alpha lebih kecil dari rtabel maka item-item angket yang digunakan dinyatakan tidak reliabiel atau tidak konsisten.

Setelah memahami teori di atas, selanjutnya kita masuk kebagian praktek, yakni Cara Melakukan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s dengan SPSS. Langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain:

1. Persiapkan data yang akan di uji dalam format doc, excel, atau yang lainnya, dalam praktek kali ini saya akan menguji reliabilitas Partisipasi Siswa dalam Pemilihan Ketua OSIS dengan N = 20 dan item angket 7 buah. Lihat datanya di bawah ini.

Uji Reliabilitas Alpha SPSS

2. Buka Program SPSS dan klik Variable View, dibagian pojok kiri bawah.
3. Pada bagian Name tuliskan Item_1 ke bawah sampai Item_7 (sampai 7 karena item angket yang valid pada angket Partisipasi Siswa dalam Pemilihan Ketua OSIS berjumlah 7 buah). Pada Decimals ubah semua menjadi angka 0, abaikan yang lainnnya.

Uji Reliabilitas Alpha SPSS

4. Klik Data View (dibagian pojok kiri bawah) masukkan data angketnya (catatan : angket yang ditulis hanya yang valid saja, yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, jika sebelumnya ada item angket yang tidak valid, maka item angket tersebut tidak perlu dilakukan uji reliabilitas), memasukkan data angket bisa dilakukan dengan cara copy paste data angket yang sudah dipersiapkan tadi.

Uji Reliabilitas Alpha SPSS

5. Selanjutnya, dari menu SPSS pilih Analyze, lalu klik Scale, kemudian klik Reliability Analyze.

Uji Reliabilitas Alpha SPSS

6. Nah, muncul kotak dialog baru kan dengan nama Reliability Analysis, masukkan semua variabel ke kotak items, kemudian pada bagian model pilih Alpha

Uji Reliabilitas Alpha SPSS

7. Langkah selanjunya adalah klik Statistics, pada Descriptives for, klik Scale if item deleted, selanjutnya klik Continue. Abaikan pilihan yang lainnya.

Uji Reliabilitas Alpha SPSS

8. Yang terakhir adalah klik Ok untuk mengakhiri perintah, setelah itu akan muncul tampilan outputnya selanjutnya tinggal kita interprestasikan saja.

Uji Reliabilitas Alpha SPSS

Dari gambar output di atas, diketahui bahwa nilai Alpha sebesar 0,850, kemudian nilai ini kita bandingkan dengan nilai rtabel dengan nilai N=20 dicari pada distribusi nilai rtabel signifikansi 5% (download rtabel signifikansi 5% dan 1% ) diperoleh nilai rtabel sebesar 0,444. Kesimpulannya Alpha = 0,850> rtabel = 0,444 artinya item-item angket Partisipasi Siswa dalam Pemilihan Ketua OSIS dapat dikatakan reliabel atau terpercaya sebagai alat pengumpul data dalam penelitian.

Catatan: Ada teori lain yang menyatakan bahwa jika nilai Cronbach's Alpha lebih besar dari 0,60 maka kuesioner dapat dikatakan reliabel..untuk itu silahkan anda memilih teori mana yang mau dipakai yang terpenting adalah anda mempunyai buku atau suber rujukkan yang dijadikan pedoman dalam uji reliabilitas.

Oke sudah selesai, tinggal sobat praktekkan sendiri, jika ada pertanyaan terkait tutorial di atas silahkan berkomentar yaaa. Selamat mencoba... simak juga postingan selanjutnya akan dibahas mengenai Cara Melakukan Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov dengan SPSS

Search : Cara Melakukan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s dengan SPSS, Langkah-langkah Uji Reliabilitas dengan Program SPSS, Panduan bergambar melakukan Uji Reliabilitas dengan Program SPSS, Tutotial Uji Reliabilitas dengan Software SPSS
Img : Dokumen hasil olah data dengan bantuan program SPSS versi 21

190 Responses to "Cara Melakukan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s dengan SPSS"

  1. Assalamualaikum pak..saya mau nanya kalo untuk uji reliabilitas ini ada minimal item ngga? Soalnya data saya tidak reliabel, padahal ketika uji validitas, valid semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam, ada mbak, jadi ada yang membandingkah dengan rtabel ada juga yang membandingkan lebih dari 0,60

      Hapus
  2. Assalamualaikum pak.. bs tolong carikan teori yg mendukung sy untuk menggunakan r tabel dlm membandingkan c. Alpha. Soalny kasus sy sm dengan mbk fitriani utami, jd sy mau menggunakan yg rtabel sj. Tolong teori ini sumberny dr mn y pak? Trims banyak. Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam wr.wb. buku rujukan saya dalam menggunakan rtabel adalah buku mbak..

      Penulis : Joko Widiyanto, S.Pd., M.Pd
      Tahun : 2012
      Judul buku : SPSS For Windows
      Penerbit : Badan Penerbit-FKIP UMS

      Atau buka link ini : http://spssindo.blogspot.com/2014/01/hak-cipta-blog-spss-indonesia.html

      Hapus
  3. Balasan
    1. Sama2 mabak silmi.. terimakasih sudah mampir di blog ini.. sukses buat penelitiannya

      Hapus
  4. Pak, saya mau nanya buku joko widiyanto spss for windows ada dijual online ngga? dikota saya tidak ada yang jual

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam.. nampaknya tidak dijual online mbak.. karena ini buku panduan kuliah..

      Hapus
  5. pak sy mau tanya. kalau nama2 itemnya gak keluar di kotak kiri pas mau dipindahin ke kotak kanannya itu gmna ya? di tabel reliability analiysis nya. sbelumnya ada tulisan (all variable in the working file or in variabel sets in use are inappropriate for this dialog box. klik ok)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat balas komennya mbak.. silahkan gambar problemnya dikirim foto ke bbm saya biar nanti saya cek..

      Hapus
  6. Assalamualaikum, pak untuk uji reliabilitas skor total itu emang harus disertakan apa tidak? soalnya ada yang mengatakan bahwa skor total item tidak usah diikut sertakan? dalam kasus saya ini jika skor total saya sertakan maka data saya menjadi reliabel sebaliknya apabila skor total tidak saya sertakan maka data tidak reliabel, mohon pencerahannya...
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ws.wr.wb... prosedurnya dalam uji reliabilitas Alpha Cronbach’s tidak menyertakan skor total... salah satu solusi agar data dapat reliabel.. coba diperbaiki redaksi dari kuesioner yang nilai Correlated item nya kecil agar lebih jelas, kemudian di sebar ulang kepada responden untuk dijawab kembali...

      Hapus
  7. terimaksih massss,, blognya amat sangat bermanfaat,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mbak kim.. terimakasih juga telah berkunjung digubuk online saya

      Hapus
  8. sangat membantu mas, pertanyaan saya untuk interpretasi r tabel pada uji reliabilitas alpha cronbach apakah menggunakan r tabel product moment atau atau tabel interpretasi yang 0-1 (dimana ada yg mengatakan cukup reliabel 0,6 keatas), tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak... memang ada yang menggunakan >0,6.. kalau saya nurut teori para ahli aja mbak..

      Hapus
  9. maksih banyak ya mas, alhamdulilah sangat terbantu

    BalasHapus
  10. Assalamulaikum.w.w, mas saya mau tanya kalo hanya 1 pertanyaan sebagai instrument penelitian, bisakah dilakukan uji reliabilitas ? Dan bagaimana caranya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mbak..jika satu pertanyaan saya belum bisa..

      Hapus
  11. assalamualaikum mas, saya sedang melakukan penyusunan skripsi, dengan menggunakan 2 variabel.
    variabel 1, saat saya meng-analyze data validitas berhasil,
    namun pada saat saya menginput variabel ke-2, saat saya meng-analyze,
    ada tulisan WARNING, The determinant of the covariance matrix is zero / approx. zero. Statistics based on its inverse matrix cannot be computed and they are displayed as system missing values.

    bagaimana cara mengatasi ny ?
    makasih mas

    BalasHapus
  12. Ws.wr.wb mas yonanda dewantoro.. Pertanyaan ini sudah saya jawab dalam komentar mas di youtube.. terimakasih

    https://www.youtube.com/watch?v=ouSIm3mnFKs

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum, Pak, maaf mau tanya dari balasan bapak atas komentar tgl 25 Juni 2014, selain membandingakan nilai Chronbach's Alpha dengan rtabel, kita bisa simpulkan bahwa kuesioner reliabel jika nilainya lebih besar dari 0,60. Itu nilai apa ya Pak maksudnya? apakah ada buku yang bisa saya jadikan rujukan?
    Terima Kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ws.wr.wb.. maksudnya jika nilai Cronbach's Alpha > 0,6..maka angket tersebut dapat dikatakan reliabel.. buku untuk rujukan banyak pak.. silahkan salah satunya buku imam ghozali tahun 2001 -kalau yang tahun 2011 direvisi menjadi > 0,7

      Hapus
  14. aslam.mas ada saran untuk uji validitas yang menggunakan sample 60 orang uji validitasnya berapa orang ya.. dengan 10 pertanyaan ttg pengetahuan dan 1 ttng perilakunya.. trus saya menggunakan product momentnya.. gimana cara pengolahannya dengan skala nominal.. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah email mbak.. jika ada yang kurang jelas jangan sungkan hubungi saya lagi.. terimakasih

      Hapus
  15. pak.. aku baru nyusun bab 3 dan masih soal teori. apa harus udah rinci membahas uji validitas dan reliabilitas nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalay bab 3 cukup dengan teori-teorinya dulu aja mbak.. nanti baru di bagian pembahasan di tampilkan hasilnya

      Hapus
  16. Assalamualaikum pak
    mau tanya, jika ada 2 skala yang mau diuji validitas reliabilitasnya, apakah dia dianalisa dalam satu paket uji coba SPSS atau sendiri-sendiri ?
    kemudian untuk urutan menguji validitas reliabilitas itu bagaimana,? apakah benar yang tidak valid tidak bisa diuji reliabelnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika x memakai skala 1-4 dan y memakai skala 0-1.. maka dipisah mbak.. memang betul jika item kuesioner tidak valid maka tidak dimasukkan pada uji reliabilitas.. karena syarat uji reliabilitas adalah item valid

      Hapus
  17. slmat malam pak, saya mau bertanya..kalau untuk mencari deskripsi statistik, item yang dihitung adalah total skor dari jawban responden, betul?

    BalasHapus
  18. Manakah yang mungkin
    1.Skala yang valid tapi tidak reliabel
    2.Skala yang reliabel tapi tidak valid

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang memungkinakan adalah opsi no 1 mas..hehe

      Hapus
  19. Terimakasih, blog nya sangat bermanfaat sekali.
    Saya lagi ada penelitian dengan menggunakan 4 variabel independent (X1,X2,X3,X4), 1 variabel dependent (Y), dan 1 variabel intervening (Z). Untuk populasi nya terdapat 106 orang dan sample diambil dari seluruh orang yang ada di populasi. teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh/sensus. TeKnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengukurannya menggunakan skala likert ganjil dengan 5 alternatif jawaban (SS, S, RR, TS, STS). Instrumen penelitian menggunakan uji validitas (bivariate pearson) dan uji reliabilitas (cronbach's alpha). Teknik analisis menggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial (menggunakan analisis jalur). analisis jalur di cari menggunakan analisis regresi dan korelasi ganda linier. Uji statistik dilakukan uji t (parsial), uji f (anova), koefisien jalur total, dan uji asumsi klasik (1. uji normalitas menggunakan statistik non paramentrik one sample kolmogrov-Smirnov Test. 2. uji multikolinieritas dengan melihat TOL dan VIF. 3. uji heteroskedastisitas).

    Pertanyaannya mas:
    1. Mas, bagaimana cara menganalisis statistik inferensial menggunakan analisis jalur dengan program SPSS? (analisis jalur nya dengan menggunakan analisis regresi dan korelasi ganda linier).

    2. mas, saya baca-baca pada uji validitas (bivariate pearson) bahwa ada yang menyatakan :

    Jika r hitung ≥ r tabel (uji 2 arah dengan signifikansi 0,05) maka instrumen atau item-item pertanyaan berkorelasi signifikan terhadap skor total (dinyatakan valid). begitu pula sebaliknya.

    dan ada yang menyatakan:
    ). Apabila nilai signifikansi yang diperoleh kurang atau sama dengan 0,05 ( ≤ 0,05), berarti signifikan, maka dapat disimpulkan instrumen penelitian (pernyataan kuisioner) yang digunakan dinyatakan valid.

    Itu yang bener yang mana ya mas? perbedaannya dimana? padahal secara rumus itu sama.

    mohon pencerahannya mas.
    Terima Kasih.
    salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban:
      1. Agak panjangan caranya.. lain waktu saya buatkan artinya saja..
      2. menggunakan rhitung atau nilai signifikansi sama saja mas..jika rhitung > rtabel maka otomatis nilai sig > 0,05

      Mudah-mudahan terjawab mas

      Hapus
  20. assalamu'alaikum, saya mau tanya ttg koefisien determinasi parsial yg menggunakan zero order, yang nantinya kita mengkalikan antar nilai beta dengan zero order lalu dikalikan 100% maka akan diketahui nila korelasinya, bagaimana langkah2 dalam spss 17 ya pak, agar kolom zero order keluar di tabel coeficients?

    BalasHapus
  21. mas saya mau bertanya, kalau 3 variabel yaitu 2 independent X1 berjumlah 4 pertanyaan dan X2 3 pertanyaan, sedangkan Y1 4 pertanyaan itu disorot semua tidak termasuk total atau di uji satu ya mas?soalnya X2 saya tidak reliabel <0.05 sedangkan selebihnya >0.05. tapi kalau saya sorot semua, hasilnya >0.05. mohon pencerahannya. soalnya teman saya ada yang disorot semua ada juga yang di uji satu per satu mas. terima kasih

    BalasHapus
  22. slamat siang. saya mau tanya pak, apa yg menjadi dasar penetapan cronbach alpha >0,6 atau >0,7 (mksudnya: pnetapan angka sekian itu didasarkan atas apa & kenapa boleh berbeda penggunaannya, boleh memakai yg 0,6 atau 0,7). harap pencerahannya pak karena ini sempat mnjadi prtanyaan saat sidang skripsi teman saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mamang ada perbedaan pendapat ada yang mengatakan dikatakan reliabel jika nilai alpha > 0,6, ada juga yang alpha > 0,7.. angka-angka itu sudah rumus.. kalau saya lebih condong ke alpha >0,6.. karena lebih banyak referensi yang mengatakan hal demikian

      Hapus
  23. Kak, mau tanya untuk uji reliabilitas apakah pakai total skor?
    terimakasih

    BalasHapus
  24. Selamat siang mas, saya mau tanya hasil dari uji reliability spss saya cronbach's alpha saya 0,696 apakah sudah dinyatakan valid ?
    Apakah saya harus mengulang kuisioner ?
    boleh tahu kalo sudah valid teori para ahli mana yg saya harus gunakan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika lebih besar dari 0,6 seperti 0,696 maka sudah reliabel, jadi tidak perlu di ulang.. untuk rujukannya silahkan buka bukunya nurlaily

      Hapus
  25. halo,,pak,apakah pada uji reliabilitasnya bisa dilihat kevalidan soalnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada juga metodenya mbak artinya bisa.. dengan membandingkan nilai pada kolom Corrected item-total Correlations dengan nilai r tabelnya..jika nilai Corrected item-total Correlations > rtabel maka valid mbak..

      Hapus
  26. sya mau bertanya pak . jika nilai cronbach alpha saya kurang dari 0,60 tetapi jika dibandingkan dengan r tabel nilainya lebih besar apakah bisa dikatan reliabel ? sebagai contoh N kusioner saya 100 , di r tabel nilainya 0,19 . dan semua rata2 cronbach alpha saya diatas 0,5 tetapi dibawah 0,60

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang ada beberapa buku yang menggunakan patokan nilai alpha dibandingkan dengan rtabel... tapi lebih banyak buku yang menggukan patokan 0,60.. maka saya lebih condong pakai 0,6 mas

      Hapus
  27. Maaf pak mau menanyakan hasil uji reliabilitas kenapa skor tidak di masukan? krna kuesioner sy valid smua tpi ketika uji reliabilitas tanpa skor hasilnya tidak reliabel. tolong penjelasannya pak terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang aturannya dalam uji reliabilitas tidak memakai skor total..itu sudah aturan statistik..

      Hapus
  28. assalamualaikum pak,
    jika N yg digunakan dalam penelitian tidak ada dalam tabel R bagaimana solusinya? saya sedang menjalankan skripsi dengan jumlah populasi 74 org, tetapi ketika membandingkan dengan nilai r tabel, nilai N saya tidak ada dalam tabel R tersebut, bagaimana pak solusinya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsallam.. jika tidak ada nilai yang pas..misal 74 maka memakai yang terdekat 75 atau jika tidak ada pakai 70

      Hapus
  29. bukankah kalu melihat reliabel atau tidak, menggunakan kriteria cronbach alpha nya > 0,60? apakah bisa juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan yang bagus,.. memang ada dua pendapat yang berbeda mbak..ada yang >0,6 ada juga menggunakan nilai crnbach alphanya > rhitung

      Hapus
    2. Maaf yang saya maksud adalah >rtabel

      Hapus
    3. pendapat yang kuat yg mana ya mas? soalnya kalau saya pakai yg rtabel, datanya reliabel. Namun kalau pakai yang 0,6, jadinya tidak reliabel.

      Hapus
    4. yang paling umum digunakan adalah yang lebih besar dari 0,6

      Hapus
  30. Maaaf pak saya mau tanya, kan saya awal sudah coba uji reliabilitasnya kan dan ternyata item yang drop itu hanya 4. Selang 5 hari saya coba uji lagi ko tiba2 yg drop jadi 20 ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok bisa seperti itu.. mamang setelah 5 hari mbak ganti datannya???

      Hapus
  31. Assalamualaikum mas mau tanyaa di uji reabilitas ada variabel yang tidak reliabel padahal di uji validasi valid semua cara mengobatinya gimana y mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam..memang walau valid belum tentu reliabel.. alternatif paling sederhana adalah sebar ulang

      Hapus
  32. selamat malam pak.
    saya melakukan pengujiann terhadap 5 variabel independen dan salah satu variabel independen saya tidak reliabel. apakah bisa ada treatment utk data yang tidak reliabel? terima kasih banyak pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara paling sederhana adalah diperbaiki redaksi kuesioner untu variabel yang tidak reliabel lalu disebar lagi kepada responden dan di uji kembali mbak

      Hapus
  33. Apakah uji validitas-reliabilitas itu harus dilakukan pada pretest sampel kecil (30 orang) ataukah bisa dilakukan langsung pada penelitian utama dgn sampel besar??

    Masalahnya hasil penelitian saya jika dgn 30orang (sampel pretest) reliabel smua, tetapi jika langsung 148orang (sampel penelitian saya) malah jadi tidak reliabel smua karena cronbach alphanya < 0.6
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang ada dua cara pak.. ada yang pakai tryout dan ada yang langsung.. itu semua peneliti yang mementukan

      Hapus
    2. pak..boleh minta sumber pustaka yang mengatakan boleh langsung dan boleh tryout?

      cara menghitung jumlah sample untuk yg tryout bagaimana ya pak?

      Hapus
    3. maaf belum punya teori dari buku seperti yang mas maksud

      Hapus
  34. Perhitungan Alpha Cronbach manual saya mendapatkan hasil 0,792 , dan perhitungan menggunakan SPSS muncul hasil Alpha Cronbachnya 0,860 .. Semuanya diatas 0,7 ... kiranya bagaimana itu ? karena saya udah ngecek perhitungan manual saya berkali kali dan memang benar pak segitu hasilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya hasil dari hitung manual dan spss tidak berbeda itu pak.. coba diteliti lagi proses uji manualnya..saran saya pakai spss aja mas, kan mas bisa pakai outputnya sebagai bukti uji

      Hapus
  35. maaf pak saya mau tanya, kalo mengatasi angket yg tidak reliabel bagaimana ya, atau kalo nilai cronbach alpha nya negatif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin penyebabnya banyak responden yang asal menjawab mas jagi hasilnya tidak reliabel.. cara paling sederhana ya sebar ulang mas

      Hapus
  36. Pak terima kasih banyak, blog bapak sangat bermanfaat. pak saya telah menguji validitas 27 item kuesioner kepada 30 responden, dan yang valid hanya 23 dan kemudian 23 item yang valid tersebut telah saya uji reliabilitas. pak apakah bapak punya sumber berupa jurnal atau buku yang mengatakan bahwa item yang tidak valid tsb dapat dihapus dan tidak disertakan dalam peneltian?terima kasih banyak pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali mbak.. ada kok mbak rujukannya yakni bukunya Joko Wijiyanto. jika mau cek covernya Daftar Rujukan

      Hapus
  37. Pak, saya sudah melihat cover buku tsb. Dimana saya bisa mendapatkan buku joko widiyanto-spss for windows tersebut ya pak?
    Kemudian, bagaimana cara menentukan item kuesioner saya sudah reliabel? Apa hanya dilihat dr nilai croncbach alpha? Apakah betul jika pada tabel cronbach alpa if item deleted masih terdapat nilai > dari nilai cronbach alpha berarti item tersebut masih tdk valid? Terima kasih banyak pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk buku pak joko,, adanya dikampus ums mbak.. sayapun juga cuma punya 1 aja..melihat reliabilita bisa dengan membandingkan nilai croncbach alpha > 0,6.. itu yang paling umum dipakai.. tapi jika di buku pak joko ini nilai croncbach alpha > r tabel

      Hapus
  38. Hallo Pak, terima kasih untuk artikelnya. Saya ingin bertanya trrkait uji reliabilitas, sya sudah melakukan uji reliabilitas, ketik dihitung hasilnya 0,604, menurut bapak apa itu termasuk reliabel atau sebaiknya di uji coba kembali? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya jika alpha > 0,6 maka reliabel mbak.. coba mbak buka bukunya arikunto atau yang lain untuk menguatkan mbak

      Hapus
  39. Assalamu'alaikum wr, wb. Mas ... kalau dalam penelitian Vaariabel X1, X2, dan X3 masih kualitatif tapi(Y ) Variabel dependent sudah quantitatif . bagaimana caraya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wss.wr.wwb. untuk variabel kualitatif pakai validitas dan reliabilitas ahli aja pak..

      Hapus
  40. Terima kaih apa yang ditampilkan sangat Semoga Allah St, membekahi dan meridloi .Amin

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum, wr wb. Pak saya mau tanya tentang analisis korespondensi multidimensionalscaling sama correspondence. Apa bapak punya tutorialnya? Soalnya saya kesulitan dalam mencari analisis tersebut. Terimakasih pak

    BalasHapus
  42. Terimakasih sangat mrmbantu, mau nanya pak.. Untuk interval angket + ke - atau - ke + betpengaruh tdk dlm uji Reliabilitase ini? Dan misal sy ingin uji coba soal pilgan.kan hanya dikotomi... 1 dan 0, apakah berpengaruh? Trimakasih pak..

    BalasHapus
  43. Saya sedang menyusun kuesioner dengan pernyatan yang skala penilaiannya dengan Ya atau tidak dan nilainya 1 dan 0, untuk pengujian realibilitas dan validitasnya bagaimana ya pak? apakah sama saja atau berbeda..mohon penjelasannya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga menggunakan cara ini kok mbak

      Hapus
  44. assalamualaykum pak, maaf mau nanya tentang uji alpha cronbach ini. kuesioner penelitian saya ketika diuji muncul hasilnya macam ini

    Reliability Statistics Cronbach's Alpha = 6,997E-6
    N of Items = 107

    diuji menggunakan 12 kasus.

    mohon petunjuk, hasil tersebut maksudnya apa y? apa kuesioner saya tidak vaild atau bagaimana?

    kiranya berkenan untuk menjelaskan. terimakasih



    BalasHapus
    Balasan
    1. e = 000, artinya tidak relabel mbak

      Hapus
  45. Saya melakukan uji reliabilitas sebuah kuesioner, pada saat running analyse di spps dan di ouputnya muncul "Warning" "Each of the following component variables has zero variance and is removed from the scale: VAR00044" Sehingga item yang awalnya 67 jadi 66. Ketika saya cek ternyata jawaban responden di VAR00044 sama semua (gak ada variasi) n=30. Nah pertanyaan saya kenapa sama spss didelete dan tidak teranalisa ya.. Apakah ini artinya item no 44 tersebut tidak valid?
    Terima kasih sebelumnya Mas Sahid

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Semoga Bapak Sahid Raharjo selalu dalam lindungan Allah SWT.
    Saya mau bertanya pak...ouput dari Uji Reabilitas data penelitian saya secara keseluruhan lebih besar > 0,60. lebih tepatnya 0.939. Namun di atasnya ada peringatan warning dengan tulisan "The Space saver method is used. That is, the covariance matrix is not calculated or used in the analysis.". Bagaimana menurut pendapat Bapak? terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. terimakasih atas doanya mas. Warning itu muncul bukan karena pengolahan data yang salah.. tapi warning itu muncul karena spss tidak support bahasa indonesia sendangkan laptop bapak disetting dengan bahasa indonesia.. jika setelan bahasa pada laptop diganti inggis mungkin warningya tidak akan muncul lagi

      Hapus
  47. Assalamualaikum wr. Wb terima kasih pak atas artikel ini. Sangat sangat membantu sekali dalam permasalahan saya. yg saya salami sama yaitu saya tidak bisa memakai standar 0.60 karena itu saya memakai r tabel. Namun bagaimana cara saya bisa mendapatkan buku nya joko widodo sementara tidak dijual ditoko buku besar? Atau apakah bpk bisa membantu saya dlm mendapatkan bentuk soft copy nya ? Saya sangat membutuhkan sekali bukti ril dr statement tersebut. Terimakasih pak. Wassalam

    BalasHapus
  48. assalamu'alaikum...
    pak kalo cronbach alpha nya negatif itu gimana pak?

    BalasHapus
  49. Terimakasih, artikelmya sangat membantu :)

    BalasHapus
  50. Permisi pak saya mau tanya.. Apakah tdk ada cara lain pd data yg tdk reliable selain ganti redaksi dan sebar ulang kuesioner? Masalahnya kan kalo sebar ulanv butuh waktu, tenaga, dan uang lagi pak hehe
    Bagaimana jk responden yg mengisi variabel yg tdk reliable di buang saja pak? Responden yg mengisi pertanyaan per pertanyaan tdk konsisten/secara ekstrem. Mohon pendapat bapak, terimakasih..

    BalasHapus
  51. saya dapat cronbach alpha minus bang.,
    itu artinya apa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. minus itu lebih kecil dari 0,6, maka artinya intrumen penelitian tidak reliabel mas

      Hapus
  52. pak saya mau tanya, mungkin ga jka angketnya reliabel namun pas di uji validitas ad angket yg ga valid. Itu bgaimana mngatasinya? Thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. prosedurnya uji validitas dulu baru uji reliabilitas.. jika dinyatakan valid baru masuk ke uji reliabilitas. jika ada item angket yang tidak valid maka item tersebut bisa di dropuot atau dikelurkan dari rangkaian pertanyaan kuesioner yang memakili variabel yang mau diteliti

      Hapus
  53. Terima kasih atas pengetahuan yg diberikan lewat postingan Anda Pak. Maaf saya mau tanya, saya sekarang sedang melakukan penelitian dgn 7 variabel X dan Y Pak, kalau untuk uji validitas kan saya perlu run masing-masing variabel sendiri-sendiri (jadi ada 7 kali run), nah apakah untuk uji reliabilitas apakah begitu juga Pak? ataukah sekali run saya langsung memasukkan seluruh item kuesioner dari semua variabel tsb Pak? terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mbak Fitri.. setau saya.. sebaiknya uji reliabilitas itu dilakukan untuk masing masing variabel. bukan secara keseluruhan..

      Hapus
  54. Sangat membantu,
    maaf juga bertanya, kenapa analisis spps saya outputnya tidak muncul di laptop saya, tapi kalo saya coba dikomputer bisa mncul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kalau untuk masalah teknis pada laptop saya kurang tau.. mungkin laptopnya tidak support untuk install program SPSS mbak

      Hapus
  55. Asslamualaikum. Terimakasih postingan Anda sangat membantu saya. Saya mau tanya apakah uji reliabilitas bisa dilakukan per item pertanyaan seperti uji validitas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.. memang ada yang pernah mengatakan pada saya bahwa item yang reliabel ditandai dengan nilai pada tabel Cronbach'alpha if item delected lebih besar dari 0,6 dan tidak lebih besar dari nilai Cronbach'alpha seperti pada tabel di atas, namun saya belum tau referensi yang digunakan untuk dasar seperti itu

      Hapus
  56. ass pak mau tanya apa arti croanbach alpha yg negatif negatif? croanbach alpha saya (-.356) apakah itu artinya 0,3 atau bagaimana?
    sama satu lagi apabila realibilty saya tidak realibel dikarenakan responden yg sedikit (25) dan tidak memungkinkan untuk menyebar ulang kuesioner karena responden yg sulit. itu sebaiknya bagaimana ya?
    trimakasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wss. croanbach alpha negatif berarti tidak reliabel pak karena lebih kecil dari 0,6. nilai croanbach alpha sebesar -,356 tidak sama dengan 0,3. aturan statistiknya memang sebar ulang pak dengan perbaikan item kuesionernya. atau jika memungkinkan ganti responden aja pak

      Hapus
  57. Info di atas itu kan utk 1 jenis variabel, bagaimana cara menghitung reliabilitas menggunakan 4 variabel dgn masing2 memiliki 5 pertanyaan? Saya masukan semua item tp perhitungan cronbach alpha hnya 1 yg artinya semua item pertanyaan berasal dr 1 variabel. Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya belul pak.. untuk 4 variabel maka secara prinsip cara melakukan uji reliabilitas seperti panduan di atas. cuma untuk 4 variabel, uji reliabilitasnya dilakukan 4 kali, masing-masing satu kali untuk satu variabel

      Hapus
  58. mau tanya jika seisih rhitung reliabilitas sebesar 0.003 dengan rtabel? masih dapatkah di nyatakan reliabel?
    data yang di dapatkan adalah:
    rhitung:0,236 dengan taraf signifikansi 5% = 0,239 (N=68)
    trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikatakan reliabel jika nilai alpha > 0,6 mbak

      Hapus
  59. bapak mau tanya dong, kemarin saya kan uda nyoba uji validitas dari panduan blogger bapak ini, dg 1 variabel y dan 3 variabel x. semua variabel itu saya masukkan trs outputnya masing masing variabel dibandingkan dg r Tabel kan, nah ternyata ada 1 variabel yang tidak valid. terus solusi agar data itu jadi valid gimana ya bapak? terimakasih mohon bantuannya?

    BalasHapus
  60. Adakah Minimal pertanyaan untuk setiap variabel yang disebar pada kuesioner agar reliabel?

    BalasHapus
  61. pak maaf mau bertanya jika hasil cronbachs alphanya minus itu kenapa yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika nila cronbachs alphanya minus maka itu artinya kuesioner atau angket yang mbak pakai tidak reliable

      Hapus
  62. Assalamualaikum, mau tanya pak, apa alasannya dikatakan reliable selain alpha > rtabel? contoh: apakah dikatakan reliabel karena responden konsisten menjawab pertanyaan baik dan cukup

    BalasHapus
  63. maaf pak saya mau nnya ,apakah dta reliable atau tidak dapat dilihat dari cronbach alph if item deleted???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau detail memang ada yang menggunakan teori yang mbak maksud.. yakni nilai cronbach alpha if item deleted harus lebih besar dar 0,6 dan nilai tersebut harus lebih kecil dari nilai cronbach yang komulatif baru bisa dikatakan reliable

      Hapus
  64. maaf pak mau tanya, jika nilai alphanya minus artinya kuesionernya tidak reliabel. lalu yang harus saya lakukan itu bagaimana? apa harus dirombak lagi kuesionernya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lebih lengkapnya ada baiknya mbak membaca atikel ini terlebih dahulu : Cara Mengatasi Item soal yang Tidak valid

      Hapus
  65. The determinant of the covariance matrix is zero or approximately zero. Statistics based on its inverse matrix cannot be computed and they are displayed as system missing values.

    itu karna apa ? dan solusinya apa. itu output pas saya cari reliabilitas untk X2.

    BalasHapus
  66. Mas setahu saya jika menggunakan Cronbach's Alpha itu pakenya yang 0.6 kalau pake tabel r itu kalau menggunakan teknik Split-half. Mohon maaf jika salah. Saya kesini karna lupa pake SPSS itu gimana hehe. Btw makasih artikelnya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mas.. sudah saya klarifikasi pada jawaban komentar sebelumnya (silahkan dicek).. terimakasih

      Hapus
  67. terimakasih sangat membantu

    BalasHapus
  68. kalau tidak reliabel gmna mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan berat hati saya harus mengatakan perbaiki redaksi kuesioner lalu sebar ulang pak

      Hapus
  69. mas saya mau nanya uji reliabilitas saya kalo pake >0.6 itu tidak reliabel, tp kalo pake yang r-tabel itu reliabel karena lbh besar dari r-tabel walaupun kurang dari 0.6, mnrut mas lebih baik saya menggunakan >0.6 yang pastinya datanya hrs dganti lagi atau menggunakan r-tabel saja?. Makasih mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lebih umum dipakai adalah nilai cronbach alpha > 0,60 maka dikatakan Reliable pak.. menurut saya lebih baik menggunakan itu

      Hapus
  70. Maasya Allah.. Bukunya Joko Widiyanto tuh UMS to.. saya mahasiswa ums juga kebetulan. coba ah insya Allah besok cari :D saya lagi ngolah data buat skripsi dan masih bingung reliabilitas antara yang dibandingkan dengan 0.6 dan rtabel. Hehehe.. semoga besok dapet bukunya :D
    Ohya, terima kasih banyak Pak atas ilmu-ilmunya. Sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..hehe.. cari diperpustakaan biologi kampus 1 kalau belum ketemu mbak

      Hapus
  71. assalamualaikum, mas saya mau nanya butir soal yang sudah didrop out karena tidak reliable apakah tetap dimasukkan ke dala tes tes selaanjutnya (tes asumsi klasi, regresi) ata tidak? mohon pencerahannya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam.. yang sudah di drouput tidak dimasukkan ke uji- uji selanjutnya mbak.. cukup sampai uji validitas saja

      Hapus
  72. salam...sy mau tanya klo hasil uji validitasnya negatif contoh -403' artinya apa?? apakah ini sudah signifikan ato gmn??

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika dalam uji validitas nilai koefisien korelasi bernilai negatif maka dianggap tidak valid mbak

      Hapus
  73. mau tanya untuk menentukan jumlah orang yang akan dijadikan responden untuk coba instrumen itu ada perhitungannya tidak? dalam kasus ini sampel saya 73 orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. umunya menggunakan 20 atau 30 orang responden uji coba

      Hapus
  74. maaf pak sebelumnya, boleh saya minta referensi yang mengatakan reliabilitas > 0,6. untuk menguatkan hasil penelitan saya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mbak buka bukunya imam ghozali atau bukunya sugiyono

      Hapus
  75. maaf pak ingin bertanya kira2 kalo alpha cronbach's saya sebesar .683 apa dapat dikatakan reliable? karna ketika saya uji regresi linier variabel tersebut sudah berpengaruh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alpha cronbach's sebesar 0,683 > 0,60 sehingga dapat dikatakan reliabel pak

      Hapus
  76. untuk uji regresi liniear, ketika outputnya sudah di tampilkan pada bagian tabel coefficient kolom sig. bagaimana kita mengetahui variabel tersebut berpengaruh atau tidaknya? apakah .002 dapat dikatakan berpengaruh? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. sig 0,002 lebih kecil dari probabilitas 0,05 sehingga dapat dikatakan ada pengaruh pak

      Hapus
  77. Salam pak, saya mau tanya, jika ddalam satu variabel itu hanya ada satu pertanyaan, apakah mungkin dilakukan uji reliabilitas? karena saya mencobanya di spss tidak bisa pak, terima kasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam,, ya betul jika hanya satu pertanyaan memang tidak bisa di uji reliabilitas sebagaimana cara dalam artikel ini.. yang harus mbak lakukan adalah validitas dan reliabilitas ahli atau merujuk pada teori yang sudah ada

      Hapus
  78. Assalamu'alaikum, Pak mau Tanya jika Nilson hasil test.nya jelek apa mempengaruhi nilai reliability.nya? Kan saya pakai multiple choice Bukan questionaire. Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  79. Pak kuesioner saya memakai skala guttman, apakah uji reabilitasnya sama dengan yang bapak jelaskan di blog?

    BalasHapus
  80. Pak saya mau bertanya lg, jumlah item angket saya 27. Pas saya cek rtabel gak ada N27. Yg ada N26 atau N28. Trus gimana saya mau bandingkan alpha nya pak? Hsil alpha analasis reliable angket saya 0.830. apakah angket saya reliable gk pak? Saya baca note dibawah tabel item-total statistics. Disana tertera "the value is negative due to a negative average covariance among items. This violates reliability model assumptions. You may want to check item codings." Kira2 maksudnya apa y pak? Apakah ada pengaruhnya dengan skala yg saya pakai? Kebetulan saya pake skala guttman

    BalasHapus
  81. asslamualaikum wr.wb
    saya ada responden 32 orang dengan variabel x1 x2 x3 dan y
    untuk tiap tiap variabel ada 4 pertanyaan...
    saya sudah uji t dan uji f dan hasilnya valid..kolerasi produk moment juga terdapat kolerasi yang signifikan...ketika saya uji reliabilitas hasilnya negatif semua ( - ) mohon bimbingannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr.wb. item pertanyaan valid itu belum tentu reliabel.. dan itu yang saudara alami yakni instrumen penelitian tidak reliabel.

      Hapus
  82. pak penelitian saya cronbach's alphanya di bawah 0.6 bisa minta tolong di publis pendapat joko widyanto soal validitas dan reabilitas serta halaman bukunya trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. buku joko widiyanto memang menuliskan demikian pak.. namun sekali lagi yang lebih umum digunakan adalah jika nilai cronbach's alpha harus lebih besar dari 0,60 baru instrumen bisa dianggap reliabel

      Hapus
  83. mas, untuk menggunakan alpha ini minimal respondennya berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk minimal jumlah responden saya kurang tau mbak.. cuma yang sehing dipakai ada 20 atau 30 responden untuk uji reliabilitas

      Hapus
  84. maaf sy Tya mahasiswi UNS. Mohon maaf bapak, apakah saya bisa minta kontak/ nomer bapaK?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  85. Assalamuallaikum Pak, ada yang mau saya tanyakan pak. Teori Cronbach yang mengatakan kalau Reliabilitas 0,6 ada pada buku atau sumber mana ya pak ? Terimakasih pak sebelumnya, salam.

    BalasHapus
  86. pak kalau nilai crobach alpha nya diatas 0,60 tetapi nilai crobach alpha if item deleted nya koson itu maksunya gimana? jumlah variabel yang di uji ada 2

    BalasHapus
  87. pak saya lagi ngelakuin uji realibitas 2 variabel. hasil crobach alphanyan bagus atau lebih besar dari 0.60 tapi di scale item if deleted hasilnya kosong .itu maksud nya apa yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika yang diiput hanya 2 item soal pada uji reliabilitas maka pada bagian cronbach alpha if item deleted pasti kosong, dan itu tidak masalah yang penting pada nilai cronbach alpha yang di atas lebih besar dari 0,60

      Hapus
  88. MALAM PAK, bisa informasikan dasar teori atau penuli atau ahli yang menyatakan pengujian reliabilitas ini dengan membanding kan alpha cronbach dengan r tabel, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukunya pak joko widiyanto, lihat daftar pustaka blog ini

      Hapus
  89. selamat malam pak, saya mau tanya kenapa sigininfikasi pada validitas 5% dan kenapa nilai cronbach's alpha > 0,6 reliabel.
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam..5% pada uji validitas itu adalah tingkat kesalahan mbak atau 0,05..sementara untuk 0,6 adalah batas suatu angket / kuesioner dikatakan reliabel

      Hapus
  90. Assalamualaikum..
    Maaf pak,ada ga sumber buku /teori yang menyatakan alfa cronbach nya > 0,5...
    Kalo ada,siapa pengarangnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa,alaikumsalam.. nilai alfa cronbach > 0,6 atau 0,7 ada di bukunya imam ghozali mbak

      Hapus
  91. Selamat malam pak boleh tau no hp Whatsapp atau sosial media yang lain agar saya lebih mudah bertanya kepada bapak mengenai rumus cronbach alpha ini , terima kasih sebelumnya😃

    BalasHapus
  92. Assalamuallaikum Pak, ada yang mau saya tanyakan pak. Teori Cronbach yang mengatakan kalau Reliabilitas 0,6 ada pada buku atau sumber mana ya pak ? Terimakasih pak sebelumnya, salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca buku-buku di daftar pustaka di blog ini

      Hapus
  93. pak mau tanya
    jika variabel Y saya cuman 1 item pertanyaan apa bisa di uji validtas dan reliabilitas?

    BalasHapus
  94. Saya mau tanya pak untuk mengetahui suatu hubungan antara variabel x dan y kan menggunakan analisis koefisien perason product moment. Apakah juga perlu di uji validitas dan reabilitasnya juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. datanya diperoleh dari mana pak..penyebaran kuesioner atau bukan?

      Hapus
  95. Assalamualaikum Pak. Saya mau tanya, bila populasi di tempat penelitian saya cuma 44 orang.
    1. Berapa sampel yg saya ambil? Semuanya aja kah?
    2. Terus berapa responden yang untuk uji validitas dan reliabilitas?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam..pakai langsung saja pak 44 sample untuk uji validitas dan reliabilitas

      Hapus
  96. Maaf pak.. dalam kolom cronbach alpha if item deleted dengan nilai alpha yang dalam tabel reliability statistic bedanya apa ya?

    BalasHapus
  97. Assalamualaikum Bapak, mohon maaf saya ingin bertanya. Bapak setelah uji reliabilitas ternyat nilainya negatif, itu apa penyebabnya ya pak ? trmksh

    BalasHapus
  98. selamat siang pak sahid,,
    saya mau bertanya mengenai cara perhitungan uji validitas dan reliabilitas untuk skala guttman, kira menggunakan spss bisa dibimbing tahp-tahapnya, pak sahid.

    terimkasih sebelumnya sudah membantu saya.

    regard,
    margo

    BalasHapus
  99. boleh tanya pak yang mendukung Alpha Cronbach > 0.60 Menurut Sugiyono dan Arikunto judul Buku dan Tahun nya berapa?

    BalasHapus
  100. assalamualaikum pak disini saya memiliki 4 variabel independen dan yg saya mau tanyakan untuk uji reliabel itu diuji per variabelnya atau seluruh 4 variabel nya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam..untuk uji reliabilitas dilakukan untuk masing-masing variabel mbak..jadi 4 kali uji reliabilitas jika ada 4 variabel

      Hapus
  101. assalamualaikum pak..
    untuk cronbachs alphanya saya punya skor .609 dgn 31 aitem..
    smntara saya menggunakan theory dr azwar yg mengatakan mendekati 1,00 itu reliable.. lalu bagaimana dengan skor .609 yg saya peroleh, apakah dpat d katakan reliable atw tidak ? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.. nilai cronbachs alpha lebih besar dari 0,60 maka dapat dikatakan reliabel mbak

      Hapus
  102. Assalamualaikum pak
    Saya masih bingung untuk data yang diuji realibilitasnya.data tersebut diperoleh dari mana, dan berdasarkan pertanyaan apa data tersebut.mohon pencerahannya
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.. data di atas diperoleh dari penyebaran kuesioner menggunakan skala likert mbak devi

      Hapus
  103. assalamualaikum pak,
    variabel X saya ada 3 dan saya sudah uji reabilitas nya satu"..
    hasil dari x1 dan x2 saya dibawah 0,6 dan x3 saya lebih dari 0,6 ..
    dari 92 responden ..
    Apakah saya cantumkan jawabannya di skirpsi tabel realibilitas ny pak?
    sedangkan x1 dan x2 nya tidak reliable ..

    mohon jawabannya , yrimakasih

    wasalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam, dalam penelitian intrumen yang dapat digunakan untuk mengukur sebuah variabel haruslah instrumen yang valid dan reliabel mbak

      Hapus
  104. Assalamualaikum. Pak mau tanya, di tabel variable view pada bagian decimals itu harus diganti angka "0" ya pak? soalnya di spss saya angka "2". Hhe .Terimakasih pak sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam..tidak harus mbak..tengantung anggkanya pembulatan atau pecahan..sesuai angka dibelakang koma..jika tidak ada koma biar lebih mudah di buat 0 saja

      Hapus

Silahkan tinggalkan jejak sobat disini. Sehingga saya tau bahwa artikel di atas bermanfaat. Terimakasih