Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS

Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS | Baik selamat pagi, setelah selesai melakukan analisis regresi linear berganda dengan SPSS, maka pada artikel kali ini kita akan melanjutkan dengan pemaknaan atau penafsiran dari hasil analisis tersebut melalui uji t. Adapun untuk pembahasan lengkapnya mari kita mulai.

Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS

Uji t merupakan salah satu uji hipotesis penelitian dalam analisis regresi linear sederhana maupun analisis regresi linear multiples (berganda). Uji t bertujuan untuk mengetahui apakah variabel bebas atau variabel independen (X) secara parsial (sendiri-sendiri) berpengaruh terhadap variabel terikat atau variabel dependen (Y).

Contoh Kasus Uji t Parsial dalam Analisis Regresi

Saya akan memperlihatkan tabel output SPSS dari hasil analisis regresi linear multiples (berganda) yang sudah kita praktekkan pada artikel sebelumnya. Adapun hasil tersebut dapat anda lihat pada gambar di bawah ini.

Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS

Dari tabel output SPSS "Coefficients" di atas, kita akan melakukan uji untuk mengetahui apakah varaibel Motivasi (X1) dan Minat (X2) secara parsial berpengaruh terhadap variabel Prestasi (Y). Adapun hipotesis yang kita ajukan dalam penelitian ini adalah:
  1. H1 atau hipotesis pertama: ada pengaruh Motivasi (X1) terhadap Prestasi (Y).
  2. H2 atau hipotesis kedua: ada pengaruh Minat (X2) terhadap Prestasi (Y).

Dasar Pengambilan Keputusan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi

Untuk melakukan uji hipotesis penelitian di atas, maka lebih dahulu kita harus mengetahui dasar pengambilan keputusan dalam uji t parsial. Dalam hal ini ada dua acuan yang dapat kita pakai sebagai dasar pengambilan keputusan, pertama dengan melihat nilai signifikansi (Sig), dan kedua membandingkan antara nilai t hitung dengan t tabel.

Berdasarkan Nilai Signifikansi (Sig.)
  1. Jika nilai Signifikansi (Sig). < probabilitas 0,05 maka ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) atau hipotesis diterima.
  2. Jika nilai Signifikansi (Sig). > probabilitas 0,05 maka tidak ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) atau hipotesis ditolak.

Berdasarkan Perbandingan Nilai t hitung dengan t tabel
  1. Jika nilai t hitung > t tabel maka ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) atau hipotesis diterima.
  2. Jika nilai t hitung < t tabel maka tidak ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) atau hipotesis ditolak.

1. Melakukan Uji t Parsial (Uji t Pertama "Motivasi")

Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS

Uji t pertama dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Motivasi (X1) terhadap Prestasi (Y).

Berdasarkan Nilai Signifikansi (Sig.)

Berdasarkan tabel output SPSS "Coefficients" di atas diketahui nilai Signifikansi (Sig) variabel Motivasi (X1) adalah sebesar 0,395. Karena nilai Sig. 0,395 > probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H1 atau hipotesis pertama ditolak. Artinya tidak ada pengaruh Motivasi (X1) terhadap Prestasi (Y).

Perbandingan Nilai t hitung dengan t tabel (Uji t Pertama)

Berdasarkan output SPSS di atas diketahui nilai t hitung variabel motivasi adalah sebesar 0,894. Karena nilai t hitung 0,894 < t tabel 2,262, maka dapat disimpulkan bahwa H1 atau hipotesis pertama ditolak. Artinya tidak ada pengaruh Motivasi (X1) terhadap Prestasi (Y).

Rumus untuk Mencari Nilai t tabel:
t tabel = (α/2 ; n-k-1 atau df residual)
t tabel = (0,05/2 ; 12-2-1)
t tabel = (0,05/2 ; 12-2-1)
t tabel = (0,025 ; 9)

Keterangan: angka 9 ini sebenarnya sudah ada secara otomatis pada tabel output SPSS, tanpa perlu kita hitung dengan rumus manual seperti cara di atas. Letaknya ada di tabel output "ANOVA". Lihat gambar.

Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS

Maka t tabel = angka 0,025 ; 9 ini kemudian kita cari pada distribusi nilai t tabel statistik maka ditemukan nilai t tabel sebesar 2,262. Lihat gambar.

Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS

[Download distribusi nilai t tabel statistik lengkap]

Keterangan:
a= tingkat kepercayaan penelitian, dalam hal ini a= 0,05.
n= jumlah sampel yang digunakan, dalam hal ini adalah 12 orang siswa.
k= jumlah variabel independen, dalam hal ini ada 2 variabel yakni motivasi dan minat.
df residual= derajad kebebasan nilai residual.

Kurva Regresi Uji t Parsial (Uji t Pertama)

Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS

Berdasarkan gambar kurva regresi di atas, diketahui nilai t hitung sebesar 0,894 terletak di area tidak ada pengaruh. Dengan demikian dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa H1 atau hipotesis pertama ditolak yang berarti tidak ada pengaruh Motivasi (X1) terhadap Prestasi (Y).

2. Melakukan Uji t Parsial (Uji t Kedua "Minat")

Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS

Uji t kedua dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Minat (X2) terhadap Prestasi (Y).

Berdasarkan Nilai Signifikansi (Sig.)

Berdasarkan tabel output SPSS "Coefficients" di atas diketahui nilai Signifikansi (Sig) variabel Minat (X2) adalah sebesar 0,006. Karena nilai Sig. 0,006 < probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 atau hipotesis kedua terima. Artinya ada pengaruh Minat (X2) terhadap Prestasi (Y).

Perbandingan Nilai t hitung dengan t tabel (Uji t Kedua)

Berdasarkan output SPSS di atas diketahui nilai t hitung variabel minat adalah sebesar 3,567. Karena nilai t hitung 3,567 > t tabel 2,262, maka dapat disimpulkan bahwa H2 atau hipotesis kedua terima. Artinya ada pengaruh Minat (X2) terhadap Prestasi (Y).

Kurva Regresi Uji t Parsial (Uji t Kedua)

Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS

Berdasarkan gambar kurva regresi di atas, diketahui nilai t hitung sebesar 3,567 terletak di area pengaruh positif. Dengan demikian dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa H2 atau hipotesis kedua diterima yang berarti ada pengaruh positif Minat (X2) terhadap Prestasi (Y).

Catatan: Pengaruh positif disebut juga dengan pengaruh searah. Maksudnya adalah jika variabel Minat (X2) mengalami peningkatan maka variabel Prestasi (Y) juga akan mengalami peningkatan. Atau dengan kata lain semakin tinggi minat belajar seorang siswa maka akan mampu meningkatkan prestasi belajar.

Setelah kita mengetahui hasil uji t parsial untuk variabel motivasi dan minat terhadap prestasi belajar dalam analisis regresi linear berganda, maka selanjutnya kita akan melakukan uji F untuk mengetahui apakah variabel Motivasi (X1) dan Minat (X2) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel Prestasi (Y). Adapun pembahasan tentang ini terdapat dalam artikel: Cara Melakukan Uji F Simultan dalam Analisis Regresi

Demikian pembahasan kita pada kesempatan kali ini, semoga sukses dan lancar ya untuk penelitiannya. Selanjutnya, jika anda suka dengan panduan ini silahkan anda bagikan ke media sosial, supaya ilmu ini dapat bermanfaat bagi banyak orang yang membutuhkannya. Terimakasih.

[Kata Kunci Pencarian: Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS, Langkah-Langkah Uji t Parsial dalam Analisis Regresi Linear Berganda, Rumus Mencari Distribusi Nilai t Tabel dalam Analisis Regresi Multiples, Dasar Pengambilan Keputusan untuk Uji t Parsial dalam Analisis Regresi, Cara Mudah Melakukan Uji t dengan SPSS]
Lihat Juga: VIDEO Uji t dan Uji F dalam Analisis Regresi Lengkap
UPDATE INFO: JUM'AT, 08 MARET 2019

446 Responses to "Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS"

  1. tiga angka dibelakang koma saya rasa sudah cukup

    BalasHapus
  2. Maaf pak, mw ikut tanya
    Jk ho dlm penelitian sy itu b'bunyi X b'pengaruh thd Y, tp pd hasil uji t nya tdk b'pengaruh, apakah penelitian ini gagal atau gmn pak?
    Tp dr uji valid/reliabel, uji asumsi klasik semua y sesuai
    Mohon penjelasan y pak
    Trimakasih sbelum y

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum pak. Saya mau tanya, saya kan melakukan analisis data dengan analisis regresi linear sederhana dengan spss, lalu persamaan regresinya Y = 88.306 - 1.085X.
    Nilai t hitung -2.751 sedangkan t tabel 2.045.
    Sig. 0,010
    Cara membacanya hasil spss itu bagaimana ya?
    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam..karena nilai t hitung negatif namun masih signifikan..maka itu disebut dengan pengaruh negatif.. artinya variabel X berpngaruh negatif terhadap variabel Y

      Hapus
    2. Lalu, untuk pengambilan keputusan hipotesisnya tetap Ho ditolak dan Ha diterima, pak? Karena signifikan?

      Hapus
    3. iya benar mbak, begitu kesimpulannya

      Hapus
  4. maaf pak saya ingin bertanya, saya menggunakan 2 variabel independen salah satunya tidak berpengaruh signifikan namun koefisien regresinya positif. untuk persamaannya variabel yang tidak berpengaruh signifikan apakah tetap dicantumkan dalam persamaan regresi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran saya tetap dicantumkan pak..hanya untuk pengantar saja sebelum bapak masuk pada kesimpulan hasil uji t nya

      Hapus
  5. Pak saya mau tanya, menurut signifikan variabel berpengaruh tapi jika menggunakan t tabel, t hitung saya dibawah t tabel smua, itu jadinya berpengaruh atau tidak yh variabel x1 nya? Mohon pencerahannya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau nilai sig hasil SPSS lebih kecil dari 0,05 maka terdapat pengaruh variabel x1 terhadap Y. hasil ini akan konsisten dengan t hitung > t tabel.. coba saudara lebih teliti dalam menentukan t tabelnya sesuai rumus di atas

      Hapus
  6. Assalamu'alaikum Bapak. Saya izin bertanya
    Pak apabila nilai t hitung kurang dari t tabel dan itu hasilnya signifikan apakah ini juga disebut berpengaruh?
    Kemudian hasil Adjusted R Square tidak lebih dari 50%, tetapi 47% dan itu hasilnya 4 variabel signifikan dan 1 yang tidak signifikan apakah bisa kuat ?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. t hitung kurang dari t tabel dan hasilnya signifikan?? mungkin mbak salah dalam menafsirkan nilai t hitung negatif. silahkan mbak baca penjelasannya tetang pengaruh negatif dalam analisis regresi hasil seperti itu wajar dan tidak masalah mbak

      Hapus
  7. Saya sedang melakukan penelitian hasil Uji t masing2 utk (misalnya) X1 berpengaruh secara positif tetapi tidak signifikan terhadap Y, X2 berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Y, X3 berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Y.
    Yang ditandakan oleh Dosen Pembimbing bukan selesai pada pengaruh negatif atau positif dan signifikan atau tidak signifikannya, tetapi yang ditanyakan penyebab atau alasan mengapa dapat berpengaruh secara positif atau negatif , dan signifikan atau tidak signifikan terhadap Y.
    Kira2 saya dapat memperoleh jawabannya dilihat dari mana Mas Sahid Raharjo ? Saya sudah mumet full

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka itu artinya berpengaruh. setelah berpengaruh baru kita bicara pengaruh positif atau negatif..jangan dibalik.. alasan bisa berpengaruh positif atau negatif jelas karena distribusi data penelitian mbak

      Hapus
  8. Siang Pak.

    Saya mau tanya skripsi saya tentang analisis pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan. ada 3 variabel (X1,x2 dan x3) terhadap Y (kinerja.
    Uji t tidak memiliki pengaruh
    uji f mempengaruhi

    Bisa dibantu untuk interpretasinya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya coba bantu pak.. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa:
      X1 tidak bepengaruh terhadap Y
      X2 tidak bepengaruh terhadap Y
      X3 tidak bepengaruh terhadap Y

      Sementara itu.. secara simultan (bersama-sama) X1, X2, X3 tidak bepengaruh terhadap Y

      Hapus
  9. bang kalau dalam uji residual t test untuk melihat interaksi variabel moderasi,indpenden terhadap variabel dependen pada t hitung constan t(1,742) sig(,093) sndgkan variabel dependen t (-,599)sig(,554) yg menjdi prtanyaan saya apakah variabel moderasi ini dapat memoderasi/signifikan terhadap variabel dependen atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya melihat pengaruh yang diberikan sebelum dan sesudah adanya variabel moderasi tersebut pak.. jika terjadi peningkatan maka dapat dikatakan memoderasi: simak Panduan Analisis Regresi dengan Variabel Moderator

      Hapus
  10. Assalamu'alaikum pak Sahid, saya mau tanya jika nilai sig 0,013 dan nilai t hitung -2,605, nilai t tabel 1,685. bagaimana keputusan yang dapat diambil?
    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam..dengan melihat hasil olah data saudara..maka dapat disimpulkan ada pengaruh negatif variabel x terhadap variabel y..pengaruh negatif akan lebih jelas jika disimpulkan dengan kurva regresi: lihat pada Uji Regresi sederhana (Pengaruh negatif)

      Hapus
  11. Assalamualaikum pak, saya ingin bertanya, bagaimana jika hasil persamaan Y=11,453-0,043+0,219+0,513+0,54, bagaimana ya pak cara membacanya? Apakah persamaan seperti itu diperbolehkan?terimakasih.

    BalasHapus
  12. Mas mau nanya klo misal t hitung saya -3,112 dan t tabel nya 2,1191 kemudian sig nya 0,007 mhon penjelasannya karena saya tdk tau bagaimana cara membaca dari arah sisi kiri terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika saya lihat.. itu termasuk pengaruh negatif pak.. bapak bisa simak penjelasan pengaruh negatif lewat Panduan pengaruh negatif dalam uji regresi sederhana

      Hapus
  13. Permisi Bpk Sahid, kalo t hitung -0,135 dan t tabel 1,679 , tingkat signifikan 0.351 (lebih besar dari 0.005) itu gimana cara membacanya ya? apakah variabel tersebut tidak ada pengaruhnya tok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Variabel x tidak bepengaruh terhadap varibel y. hal ini didasarkan pada nilai signifikansi pada output SPSS sebesar 0,351 atau lebih besar dari 0,05

      Hapus
  14. mas , dari uji t parsial , hasilnya kan var motivasi tidak berpengaruh pada prestasi, var minat berpengaruh pada prestasi. dari uji F, hasilnya var motivasi dan var minat berpengaruh secara simultan terhadap prestasi. bagaimana intepretasinya ketika secara simultan berpengaruh , tapi secara parsial ada yang tidak berpengaruh? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu biasa terjadi mbak.. pengaruh bersama-sama atau uji F itukan gabungan dari 2 variabel.. oleh karena itu jadi bepengaruh, walaupun kalau secara sendiri-sendiri ada variabel yang tidak berpengaruh

      Hapus
  15. Mas klu hitung Thitung -1.757 Ttabel 1995
    signifikan 0,084 0,05 ap berpengaruh apa gk

    BalasHapus
    Balasan
    1. variabel x tidak berpengaruh terhadap variabel Y, sebab sig lebih besar dari 0,05

      Hapus
  16. Pak mau tanya.. jika analisisnya pake regresi sederhana, uji signifikansinya pake t atau F yaa ? lalu, mengapa ? terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai uji t sebab uji F adalah simultan atau berganda

      Hapus
  17. Mas help me T.T
    Uji T saya X1 : negatif signifikan
    Uji T saya X2 : positif signifikan

    Uji F saya : kedua variabel x tidak ada pengaruh terhadap y

    Ini memungkinkan ga sih mas? Alasannya apa ya masa bisa kyk begitu..
    Saya agak ragu sama hasil spss saya mas T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak usah pakai uji F saja karena pengaruh x1 negatif dan x2 positif mbak

      Hapus
  18. Mas untuk mencari t tabel itu, apa tidak apa apa jika langsung melihat 0,05 di t tabel?, jadi 0,05 nya tidak di bagi 2 gitu.

    BalasHapus
  19. Mas...minta tolong dong dishare langkah-langkah untuk mencari pengaruh variabel independen yang paling dominan mempengaruhi variabel dependen..trims

    BalasHapus
  20. maaf pa saya mau bertanya sebenarnya yang menyebabkan uji t itu bisa bernilai negatif itu disebabkan karena apa saja ya pa? soalnya saya hasilnya bertolak belakang sama teori dari jurnal terdahulunya pa, terimakasih pa sebelumnya

    BalasHapus
  21. Pak saya mau tanya jika thitung negatif apa ttabel kita tambah tanda negatif juga? Misal - 0,317 > - 1,695

    BalasHapus
  22. selamat sore mas, saya mau tanya ini. Penelitian saya terdapat 8 variabel x dan secara parsial kesemuanya tidak berpengaruh terhadap Y, namun secara simultan berpengaruh sangat signifikan. Apakah dimungkinkan ada yang salah dengan pengolahan data saya. atau itu normal saja dalam pengolahan statistika?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajar pak jika dalam uji parsial ada yang tidak bepengaruh..sementara pada waktu uji sumultan bepengaruh..parsial itukan sendiri-sendiri..sedangkan simultan itu gabungan

      Hapus
  23. Selamat malam mas, saya ingin menanyakan mengenai uji t. Hasil yg saya dpt normal semua dr segi sig. ataupun t hitung, tetapi pada salah satu variabel yaitu X2 terdapat sig.<0 05 namun t hitungnya bernilai -2,258 nah t tabelnya 2,0129. Itu kesimpulannya apakah berpengaruh negatif mas? Lalu untuk penjelasannya bagaimana ya mas? Apa kalo berpengaruh negatif itu artinya kebalikan dgn teori yg ada atau hipotesis yg dibuat? Mohon pencerahannya mas hehe terimakasi.

    BalasHapus
  24. Selamat malam mas, saya mau menanyakan mengenai uji t. Pada hasil uji t saya, diliat dr segi sig. sudah memenuhi syarat pengambilan keputusan. Tapi pada salah satu var independen saya (X2) t hitungnya bernilai -2.258 dan t tabel 2,0129. Nah ini brrti kesimpulan apa yg diambil mas? Berpengaruh negatif kah? Nah untuk cara penjelasan analisisnya bagaimana mas kalo berpengaruh negatif? Apakah berbading terbalik dgn hipotesis yg dibuat dan teori yg ada begitu? Mohon pencerahannya, terimakasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu jika nilai t hitung negatif dan signifikansi < 0,05..maka itu disebut pengaruh negatif variabel x terhadap y.. artinya semakin meningkat variabel X maka akan membuat variabel Y menurun

      Hapus
  25. Referensinya apa ya mas? Uji t saya juga hasilnya seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mbak buka pada bagian referensi di blog ini..bagus-bagus kok bukunya

      Hapus
  26. Selamat malam mas, saya mau bertanya sumber rumus dari mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk sumber jurukan yang saya pakai.. mbak bisa melihatnya pada bagian referensi blog ini..silahkan dibuka

      Hapus
  27. malam pak, saya mau tanya. jika nilai t hitung minus (-) dan lebih kecil dari t tabel tapi nilai sig. < 0.05
    kesimpulannya seperti apa ya pak? terimakasih pak sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika t hitung bernilai minus namun signifikansi masih dibawah 0,05 maka termasuk kategori pengaruh negatif..akan lebih mudah membuat kesimpulan dengan menggunakan kurva regresi..bapak bisa lihat contoh pengaruh negatif di artikel Analisis Regresi linear Sederhana dengan Jenis Pengaruh Negatif

      Hapus
  28. Maaf mas Saya mau tanya kalau variabel 1dan2 rumusnya LN tp varibel 3 dan Y itu rasio.. Waktu spssnya perlu di LN apa tdk pak?

    BalasHapus
  29. salam
    pak saya mau tanya apabila pada uji t ke2 variabel berpengaruh sdangkan pada uji f tidak berpengaruh, apakah hal tsb wajar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tampaknya tidak wajar i mbak..jika dalam uji t berpengaruh sementara pada uji F justru menjadi tidak berpengaruh

      Hapus
  30. Assalamualaikum.wr.wb, saya ingin bertanya di sebuah jurnal saya menemukan rumus mencari t tabel yang berbeda dari rumus disini, bedanya di jurnal tersebut tingkat kepercayaannya tidak dibagi 2, jadi rumusnya tingkat kepercayaan;df saja (df=n-k-1). Apakah rumus itu benar ? terima kasih

    BalasHapus
  31. Selamat malam pak, saya mau tanya
    Hasil uji spss regresi saya (X3 thd Y)
    t-hitung -2,546
    t-tabel 1,9853
    sig 0,013 < 0,05
    cara membacanya bagaimana ya pak?terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. t hitung bernilai negatif, sementara nilai signfikansi lebih kecil dari 0,05. maka inilah yang disebut dengan adanya pengaruh negatif.. pengaruh negatif itu artinya semakin tinggi X3 maka akan semakin rendah Y..penafsiran tetang pengaruh negatif akan lebih mudah jika menggunakan kurva mbak..silahkan baca contoh kasus yang sama yakni pengaruh negatif dalam artikel https://www.spssindonesia.com/2017/03/uji-analisis-regresi-linear-sederhana.html

      Hapus
  32. Maaf mas saya ingin bertanya, apakah hasil coeficient pada variabel beas seperti -355E-07itu hasil nya bermasalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. huruf E itu muncul karena terlalu mbanyak angka nol 0 dibelakang koma..angka aslinya adalah -0,0000355

      Hapus
  33. Apabila kita menguji 4 varibael pengaruhnya terhadap Y, dari uji t, diketahui hanya ada 1 variabel yang signifikan berpengaruh terhadap Y. Namun dari uji F, diketahui secara simultan variabel-variabelnya berpengaruh terhadap Y. Yang jadi pertanyaan saya, kenapa bisa berpengaruh secara simultan, padahal 3 dari 4 variabel menyatakan tidak berpengaruh. Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar pak itu tidak masalah.. karena bersama-sama (simultan) jadi berpengaruh..seperti ilmu lidi..

      Hapus
  34. Mhon maaf pa hasil saya t hitung < t table. Dan sig nya 0.000 itu dibacanya seperti apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. t hitungnya positif atau negatif? jika negatif cara memandingkannya dengan melihat kurva..simak contohnya: Regresi t hitung negatif

      Hapus
  35. hallo mas
    tidak berpengaruh aja jawabanya ya mas

    BalasHapus
  36. tidak berpengaruh aja ya kak jawabanya

    BalasHapus
  37. pak saya ingin tanya. data yg saya miliki terdiri dari 4 variabel bebas dan 1 variabel terikat. ketika saya lakukan uji regresi berganda, nilai uji F dan uji t tidak muncul. pada output spss juga saya lihat d bagian variable entered hanya 2 variabel bebas saja yg muncul, bukan 4. mohon pencerahannya pak

    BalasHapus
  38. Selamat pagi pak saya mau nanya R square saya hanya 0,51 atau 5,1% atau dikatakan R squarenya lemah itu sekiranya disebabkan karena apa ?
    Soalnya data yg saya kelola selama 5 tahun dan mengalami kerugian selama 2 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. R suare 0,51 itu bukan 5,1% mbak.. namun 51%.. atau mungkin yang mbak maksud 0,051 artinya 5,1%.. nilai R square kecil karena memang pengaruh variabel independen terhadap dependen tidaklah signifikan mbak.. salah satu penyebabnya adalah data variabel independent tidak konsisten terhadap variabel dependen

      Hapus
  39. saya mau tanya pak, jika penelitian kita menggunakan judul pengaruh.. apakah kita bisa memakai rumus korelasi? dan mengapa harus korelasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prinsip dasar yang perlu mbak Nur Febry ketahui bahwa:
      Regresi = uji pengaruh
      Korelasi = uji hubungan

      Jika judulnya pengaruh maka idealnya mbak menggunakan uji regresi.. uji regresi dibagi menjadi 2 sesuai dengan jumlah variabel independen dalam penelitian. jika hanya terdapat 1 variabel independen maka menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana sementara jika variabel independen lebih dari 1 maka menggunakan Uji Regresi Linear Berganda

      Hapus
  40. assalamualaikum.
    apabila nilai constant saya bernilai negatif pada tabel t di spss, itu artinya apa pak?
    apakah tidak apa2 kalo nilainya negatif?
    ada pengaruhnya apa di regresi linier berganda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam..untuk nilai contanta negatif tidak perlu dimaknai pak..hal ini biasa terjadi dalam analisis regresi linear berganda

      Hapus
  41. Bang, nanya dong. Nilai t hitung < t tabel. Dan nilai sig < 0.05. Itu kesimpulan secara parsialnya gimna ya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin yang mbak maksud t hitungnya bernilai negatif.. jika negatif maka kesimpulannya variabel X berpengaruh terhadap variabel Y dengan arah pengaruh negatif

      Hapus
  42. Maaf mau bertanya.. apa boleh menggunakan uji t dalam analisis regresi sederhana versi manual? Caranya gmn?

    BalasHapus
  43. Maaf pak saya mau tanya, bagaimana kalo uji hipotesis kedua t hitung < t tabel, apa yg dilakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada yang perlu dilakukan pak..tinggal menyimpulkan saja bahwa variabel independent tidak berpengaruh terhadap variabel dependent

      Hapus
  44. Selamat Siang pak, semoga masih aktif.
    Saya ingin bertanya, pada contoh penjelasan diatas disimpulkan bahwa "Motivasi (x1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Prestasi (y)" dikarenakan thitung < ttabel , dan nilai sig > 0,05. Sudah disimpulkan bahwa variabel tersebut tidak berpengaruh, tapi mengapa dapat disimpulkan lagi bahwa Motivasi berpengaruh positif terhadap prestasi yang dikarenakan nilai beta tersebut positif? bukan kah sudah jelas bahwa itu tidak berpengaruh karena nilai thitung dan nilai sig tidak memenuhi syarat. Mohon dibantu penjelasannya pak. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aktif kok pak..motivasi memang tidak berpengaruh terhadap variabel prestasi pak karena nilai sig < 0,05.. mengapa ada kalimat motivasi berpengaruh positif terhadap prestasi? itu hanya membaca persamaan regresi berdasarkan nilai beta dan koefisien regresi saja tidak mengandung makna kesimpulan..baru pembuktiannya apakah ada pengaruh atau tidak melalui uji t ini

      Hapus
  45. Assalamualaikum. Permisi Pak, ingin bertanya. Jika nilai variable saya adalah T: -3,959 dan B: -0,121 dan Signifikasinyanya 0,000 Berarti maksudnya bagaimana Pak Sahid? Kalau dari nilainya B nya, berarti dia berpengaruh Negatif. Kemudian dari Signifikansinya 0,000, berarti Berpengaruh signifikan karena <0,05 Betul begitu bukan Pak? Tetapi bedasarkan nilai Thitung dan Ttable, dia berbeda keputusan dengan Signya. Karena Thitungnya -3,959 sedangkan Ttablenya sebesar 2,040 (Responden= 35, Variable Bebas=3), di mana Thitung<Ttable

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam..kalau saya lihat hasil yang bapak paparkan... maka ini termasuk kategori pengaruh negatif.. untuk pengaruh negatif di tandai dengan (-) minus pada nilai koefisien regresi B.. untuk membandingkan t hitung dengan t tabel tidak seperti cara biasanya sebagaimana dalam pengaruh positif.. melainkan dengan cara menggunakan kurva regresi.. lihat contoh ini dengan detail pak: Contoh Kasus Regresi Pengaruh Negatif

      Hapus
  46. Mau tanya nih kalo untuk membentukan hipotesis penelitian dan statistik awal mula mencari di software spss nya gimana ya? Saya kebingungan pencarian hipotesis nya tpi selebihnya saya bisa menyelesaikannya. Mohon bantuannya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hipotesis itu disusun berdasarkan rumusan masalah penelitian mbak

      Hapus
  47. Pak mau tanya untuk nilai t tabel kan jumlah n dikurang variabel bebas dikurang 1 . Variabel bebasnya kan cuma 1 motivasi kenapa di penyelesaian n malah dikurang 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam contoh ini variabel bebasnya ada dua mbak.. Motivasi dan Minat..hehe

      Hapus
  48. Maaf pak saya mau nanya, saya sekarang lagi tahap pengujian utk skripsi. salah satu variabel saya itu diuji t sisi kiri. t hitungnya = 2,256 dan t tabelnya = -1,6660, artinya kan H0 diterima H1 ditolak kan ya pak? tapi yg jadi permasalahan itu tingkat signifikansinya = 0,027 yg lebih kecil dari 0,05, dan itu artinya H0 ditolak, H1 diterima. Saya sudah uji uji beberapa kali tapi hasilnya masih sama. Mohon bantuannya pak. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho ditolak dan Ha diterima pak.. yang artinya ada pengaruh antara variabel independent terhadap variabel dependent

      Hapus
  49. Assalamualaikum Wr Wb
    Pak uji T saya hasilnya 9,94 dari bilangan ini apakah uji T saya valid dan signifikan? Mohon bantuannya pak

    BalasHapus
  50. kalau sig 0,05 dan rumus t tabel (a/2;n-k-1) apakah hasil 0,025 juga sudah ketetapan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 0,05 itu adalah rumus yang dipakai untuk tingkat kesalahan 5%.. dibagi 2 itu karena uji dua sisi atau two-tailed.. nah ini sudah rumus pak

      Hapus
  51. Pagi pak , saya mau bertanya jika t hitung nya - 0,179 dan nilainya sig 0,859 dan t tabel 2.040 artinya apa ya pak.itu wajar atau tidak ya pak .mohon bantuannya,thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika hasilnya seperti itu maka kesimpulannya adalah variabel independent (X) tidak berpengaruh terhadap variabel dependent (Y)

      Hapus
  52. Pak mau tanya, adakah cara mengubah nilai B dari + menjadi -? Soalnya hipotesis saya banyak yg negatif, waktu di uji semua sig sudah < 0,05 tp nilai B nya masih +. Mohon bantuannya, makasih

    BalasHapus
  53. Halo mas,
    Sy ingin bertanya.
    1. Kenapa hasil bisa "berpengaruh tp tidak signifikan?
    2.Kemudian, saya deskripsikan hasil sesuai dgn statistik.. Misalkan variabel X tdk berpengaruh karena t hitung < lebih kecil dr t tabel, tp alasan spt itu dibilang kurang jelas. Jd butuh deskripsi yg lebih detail, itu bgmna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo yang paling jelas adalah:
      1. tidak ada redaksi "berpengaruh tapi tidak signifikan" adanya adalah jika hasil tidak berpengaruh maka tidak signifikan.
      2. dalam penelitian kuantitatif.. dasar pengambilan keputusan didasarkan pada pendapat ahli yang kita juruk dan bukan berdasarkan persepsi peneliti.. jika ketentuaanya (teorinya) t hitung < t tabel dan sig > 0,05 artinya tidak berpengaruh maka kita tinggal merujuk teori tersebut saja

      Hapus
  54. saya mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dengan 2 variabel bebas dan 1 variabel terikat.
    rumus untuk mencari nilai t tabel.
    mas menulis t tabel = (a/2 ; n-k-1)

    yang ingin saya tanyakan mengapa harus dikurangi 1 mas? saya cari referensi lain rumusnya hanya n-k saja...
    mohon penjelasannya, saya butuh banyak belajar...terimakasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengurangan 1 itu setahu saya sudah rumus pak.. nila df untuk mencari t tabel ini sebetulnya sudah ada kok di output analisis regresi tanpa kita harus menghitung manual dengan rumus di atas..perhatikan pada tabel output "ANOVA df Residual" pada postingan ini: Output Tabel anova Regresi perhatikan disitu tertulis angka "9"

      Hapus
  55. mau tanya pak, jika pengaruh variabel independen negatif terhadap variabel dependen itu bagaimana ya pak? bisa digunakan atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau memang faktanya demikian gak apa apa pak

      Hapus
  56. jika nilai uji T nya -3.766 dan nilai sig nya 0.000 kurang dari 0.05 cara baca nya bagaimana yah apakah berpengaruh secara signifikan atau tidak berpengaruh signifikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan melihat hasil itu maka keputusan ujinya adalah X berpengaruh negatif terhadap Y..simak contoh pengaruh negatif dalam postingan Panduan Lengkap Uji Analisis Regresi Linear Sederhana dengan SPSS

      Hapus
  57. assalammualaikum admin, boleh bertanya kalau angket bisa di uji t ? caranya . kan biasanya pretest postest diuji t dari kedua kelas antara kontrol dengan eksperimen, sedankan angket saya hanya memberikannya ke satu kelas yaitu eksperimen untuk uji t nya bagaimana mohon pencerahannya !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.. hipotesis penelitiannya pak..karena uji t itu banyak jenisnya mbak..hehe

      Hapus
  58. Pak saya mau tanyak pak kalau thitung -0,093 < Ttabel -1,9935 dan nilai signifikansinya 0,926 > 0,05 maka kesimpulan nya gimana ya pak? Mohon bantuanya pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena nilai sig 0,926 lebih besar dari 0,05 makat kesimpulannya adalah tidak ada pengaruh variabel X terhadap Y

      Hapus
  59. Assalamualaikum. Selamat siang pak. Saya mau tanya.judul saya pengaruh gcg terhadapt kinerja perusahaan. Nah saya pake 2 variabel. Variabel x saya memiliki turunan dan semuanya sy uji dngn kuesioner. Tetapi masalahnya disini sampel msing2 variabel berbeda. Terus saya sudah uji. nah uji ttabel saya tidak ad pengaruh semuanya. Tetapi uji f saya ada pengarug yg signifikan. Bagaimana menurut bapak? Mohon bantuannya

    BalasHapus
  60. Mas mau tanya kalo dalam oenelitin yg di gunakan hanya uji t karna hanya parsial. Lalu asumsi yg di gunakan apa saja ya ?? Seperti asumsi klasik regresi linier berganda yg digunakanya apa bagaimana ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. uji asumsi klasiknya: uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi

      Hapus
  61. Assalamualaikum, saya mau tanya mas
    Jika nilai t hitung < t tabel (-2,548<1,995), tetapi nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (0,013 < 0,05) & nilai koefisien β negatif (-0,007),kira" berpengaruh atau tidak berpengaruh ya mas ?
    Mohon bantuannya ya mas 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. keputusan ujinya "ada pengaruh negatif"

      Hapus
  62. Kalau gitu patokanya nilai sig aja ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok menggunakan sig atau nilai hitung berbanding nilai tabel

      Hapus
  63. Selamat siang pak, mohon maaf bertanya, saya juga sedang menempuh skripsi, tp blm smpai pengujian data

    saya mau tanya, dari komenan diatas bpak menjelaskan pengaruh positif dan pengaruh negatif

    pertanyaan saya mungkin tidak akan kejadian sperti ini?
    1. x1 berpengaruh positif dan signifikan
    2. X2 berpengaruh negatif dan signifikan
    3. x3 berpengaruh positif dan tidak signifikan
    4. x4 berpengaruh negatif dan tidak signifikan

    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat dua saja mbak,
      1. X berpengaruh positif / negatif terhadap Y
      2. X tidak berpengaruh terhadap Y

      Hapus
  64. assalamualikum mau nanya yak bahagaimana cara menganalisis hasil uji perhitungan t hitung berikut:
    T = (r √n-2)/(√1-r^2 ) t = (0,65 √18-2)/(√1-〖(0,65)〗^2 ) t = (0,65√16)/√(1-0,4225) t = 2,6/0,5775 t = 4,502
    terima kasih

    BalasHapus
  65. Pak saya mau nanya...ni saya ada membantu teman saya...membuat teknik analisis...disitu kn dia pake uji t..trus pengujianx gunakan t hitung banding t tabel...truss juga ada probabilitas t-hitungx...jdi yg mau saya tnykn ni...bisa gk pak kita langsung aja gunain probabilitas uji t nya...soalx klo ngitung t hitung banding t tabelx itu kepanjangan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung bandingkan nilai probabilitas.. cuma t hitung dipakai untuk mengetahui makna arah pengaruhnya positif atau negatif

      Hapus
  66. Selamat malam pak saya mau bertanya jika nilai variabel X adalah 0,638>0,05 apakah itu tidak signifikan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 maka keputusan ujinya adalah tidak ada pengaruh / tidak signifikan

      Hapus
  67. Mohon dibantu mas, dalam uji t X1 dan X2 saya berpengaruh signifikan terhadap Y dilihat dari t.s 0,000<0,05 dan thitung>ttabel

    Tapi kemudian X3 saya thitung 1,401< 1,671 ttabel(sig. 0,05 atau 5%) namun dalam uji t hasil signifikan 0,027<0,05
    Apakah masih bisa dikatakan berpengaruh mas?
    Hipotesis X3 saya jadinya hanya bisa di terima di taraf sig. 10% (0,1)
    Pertanyaan saya apakah boleh dalam uji t menggunakan t.s 5 dan 20%?
    Saya jadi bingung mas, kira" kesalahannya dimana ya? Apakah dalam pengolahannya salah?
    Trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk variabel X3 karena nilai sig sebesar 0,027 < 0,05 maka keputusannya adalah ada pengaruh X3 terhadap Y.. cek lagi cara mencari t tabelnya pak

      Hapus
  68. Mas kalo 008 itu berpengaruh atau tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Signifikansi(Sig.)0,008 < 0,05 maka berpengaruh

      Hapus
  69. Artikel Sangat Bermanfaat
    Assalamu alaikum Mas.. Jika
    1. T hitung > T tabel dan nilai Sig > 0.05
    2. T hitung < T tabel dan nilai Sig < 0.05
    kesimpulan no. 1 dan No. 2.. Bgmna..
    Trimah kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Untuk nomer 1 tidak mungkin terjadi sebab hasil dari perbandingan t hitung dengan t tabel tidak akan menselisihi hasil dari nilai sig. sementara nomer 2 hanya mungkin terjadi jika t hitung bernilai negatif...jika demikian maka nomer 2 termasuk pengaruh negatif.

      Hapus
  70. dear Pak Sahid
    saya mau tanya,
    bagaimana jika uji T saya semuanya negatif akan tetapi semuanya berpengaruh.
    itu kesimulan akhirnya gimana pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesimpulan akhirnya "ada pengaruh negatif variabel X secara parsial maupun simultan terhadap variabel Y

      Hapus
  71. Assalamu'alaikum pak,jika judul penelitiannya adalah pengaruh kemampuan matematika terhadap hasil belajar fisika siswa SMA, kira-kira analisis yg tepat yg bsa saya gunakan apa ya pak?
    Dri beberapa contoh penelitian, byk yg menggunakan uji regresi linier sederhana, tpi uji itu memiliki syarat data nya harus linier. Sedangkan data saya tidak linier.. Itu bagaimna ya pak solusinya? Adakah cara lain yg bisa saya gunakan utk uji pengaruh jika data nya normal dan homogen namun tidak linier? Terimakasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.... hubungan antara variabel X dan Y sudah saya cek via WA kemarin mbak... hasilnya sudah linear kok

      Hapus
  72. mas jika hasil sig saya 0,05 sama dengan tingkat kepercayaan 5% atau 0,05 kesimpulannya gimana mas ?mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika nilai sig. pas di angka 0,05 maka. pengambilan keputusan sebaiknya mengacu pada perbandingan nilai t hitung dengan t tabel sebagaimana cara di atas

      Hapus
  73. Pak kalo untuk hasil t hitung yg negatif itu dasar pengambilan keputusannya sama dengan yg hasilnya positif engga yaa atau berbeda ? Apakah tanda negatif disitu hanya untuk menentukan arah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanda negatif pada nilai t hitung menunjukkan arah pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent

      Hapus
  74. mau tanya gun, kalau variabel bebas nya ada 4 gimna yaa, soalnya di tabel cooficients x4 nya eror gak ada

    BalasHapus
  75. Kalau nilai signifikannya = 0,05 itu artinya bagaimana ya pak?
    Kan kalau <0,05 itu signifikan, nah kalau yg = 0,05 bagaimana ya
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau nilai sig pas di angka 0,05 maka untuk melihat ada tidaknya pengaruh yang diberikan adalah dengan membandingkan antara nilai t hitung dengan nilai t tabel

      Hapus
  76. Terus untuk Ha dan Ho nya keterangannya bagaimana ya pak

    BalasHapus
  77. Assalamualaikum, pak saya mau nanya, bagaimana memperbaiki jika hasil uji hipotesis saya hasilnya negative ?? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. coba tambah data baru atau ganti data baru mbak

      Hapus
  78. mohon maaf pak sahid ijin bertanya, hasil uji t saya thitung 2,043 sedangkan ttabel 2,042 dan sig. 0,051 menarik kesimpulannya saya bingung pak, itu bisa di katakan ada pengaruh apa tidak pak?? terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jumlah sampel yang dipakai berapa? dan jumlah variabel bebasnya berapa?

      Hapus
  79. Pak, saya izin menanggapi. Apa betul (-6,252) lebih besar dari 1,724? Bukankah itu (-) < (+) ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam kasus nilai t hitung negatif maka cara membandingkan dengan t tabel adalah melalui kurva

      Hapus
  80. Kalau nilai signifikansinya pas di angka 0,05 maka sebaiknya pengambilan keputusan dalam analisis di dasarkan pada perbandingan nilai t hitung dengan nilai t tabel.

    BalasHapus
  81. Asslamualaikum maaf pak untuk hal tersebut. Saya juga mengalami hal serupa pak. T hitung > t tabel sedangkan sig > 0.05. Mohon bantuanyya, trimkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. apakah cara mencari t tabelnya sudah di korelasi kembali pak? atau saya bantu carikan berapa nilai t tabelnya? sebutkan jumlah sampel dan variabel bebas yang digunakan dalam analisis regresi.

      Hapus
  82. Jdi kita hasilnya sprti yg bpk bilang? Itu artibya apa y pak?

    BalasHapus
  83. Pak sy mau tanya dong. Jdul sy kan pengaruh biaya iperasional terhadap kinerja keuangan, nilai sig 0.719, trus nilai t hitung sy itu 0.472.tolong bantu cairkan pak soalnya sy udh coba hasilnya tdk berpengaruh,mohon bantuannya 🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gini mbak, kalau semua penelitian harus berpengaruh maka apa gunanya dilakukan penelitian tersebut. Penelitian regresi pada dasarnya ingin mengetahui apakah variabel independent berpengaruh terhadap variabel dependent. jika hasilnya tidak ada pengaruh ya tidak apa-apa karena fakta berdasarkan analisis data menunjukkan demikian.

      Hapus
  84. Ok pas. Terimakasih .Sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. semoga sukses dan lancar untuk penelitian anda

      Hapus
  85. maaf pak saya mau tanya, kenapa hasil signifikasi pada tabel ANNOVA bisa sebesar 0,000 terkadang juga 0,001, dan 0,002. soalnya dosen saya minta penjelasan. terima kasih pak artikelnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai Sig (Signifikansi) itu otomatis dari SPSS. berguna sebagai acuan dalam pengambilan keputusan untuk uji atau analisis yang anda lakukan. jika dosen masih bersikeras maka anda boleh pakai pengambilan keputusan berdasarkan perbandingan antara nilai t hitung dengan t tabel. nanti kesimpulannya tetap sama kok

      Hapus
  86. Pak mau tanya, hasil penelitian saya x1 dan x2 tdak berpengaruh terhadap y baik scr parsial maupun simultan, hasil adjusted r square nya negatif, apa itu bakalan jadi masalah pak dengan adjusted r square negatif??.. Dan apakah hasil penelitian tdk berpengaruh semua seperti itu biasa dan diperbolehkan pak? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara aturan atau kaidah penelitian tidak berpengaruh itu diperbolehkan kok mbak. Jadi kesimpulan hasilnya tidak ada pengaruh.

      Hapus
  87. Assalamualaikum wr. wb. Pak..
    Maaf mau tanya, saya lihat di artikel lain utk:
    1. Uji t satu arah >> nilai prob yg dibagi 2 (0,05/2 = 0.025) dan dk = n - 1 jadi (0,025;dk)
    2. Uji t dua arah >> nilai prob tidak perlu dibagi dua (0,05) dan dk = n - 2 jadi (0,05;dk)
    3. Uji F >> nilai prob 0,05 dan dk = n-k-1

    Apakah nilai thitung dan ttabel harus dibagi 2 jg apabila uji satu arah?

    Saya bingung, di sini uji t utk yg dua arah yg dibagi 2. Mohon pencerahannya Pak..

    Terima kasih ^~^

    BalasHapus
  88. Salam mas mau tanya, kalo nilai 7,390E itu pada nilai constans apakah layak dipakai? Bagaimana cara penulisan dalam regresinya mas? Trs apakah mungkin, Kalo nilai sig pd t hitung tidak berpengaruh namun jika membandingkan t tabel dgn t hitung ada pengaruh? Jd bagaimana saya mengambil kesimpulan nya mas? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak apa-apa kok mbak nilai constan (nilai tetap) sebesar 7,390E. coba cek lagi cara mencari nilai t tabel sebagaimana cara di atas mbak.

      Hapus
  89. Maaf pak melanjutkan jwaban di atas dr bpk, apakah jika kesimpulan penelitian variabel tersebut berpengaruh tetapi arah negatif apakah tidak apa-apa ? Dan dilanjutkan atau tidak ? Terimaaksih

    BalasHapus
  90. Maaf pak mau tanya kalo x1 dan x2 tidak ada yanh berpengaruh dan hasil uji f juga tidak berpengaruh bagaimana ya ? Apa penelitiannya gagal ?

    BalasHapus
  91. Selamat siang pak mau bertanya

    kalau misalkan saya punya 4 variabel independen (X1,X2,X3,X4) dan saat uji t hanya X1 dan X2 yang berpengaruh sedangkan X3 dan X4 tidak berpengaruh. tetapi saat uji f hasilnya berpengaruh. apakah variabel X1 dan X2 yang pada saat uji t berpengaruh mendorong variabel X3 dan X4 yang tidak berpengaruh saat uji t menjadi berpengaruh saat diuji bersama-sama?

    Terima Kasih

    -Dini-

    BalasHapus
  92. Selamat malam pak mau tanya?
    Kalau uji dua arah terus t hitung dapat negatif -2,347 < -2,128 t tabel...apakah ini artinya t hitung lebih besar dari t tabel..klw memang begitu berarti tidak ada pengaruh donk mas

    BalasHapus
  93. bagaimana untuk mempertahankan argumen tidak berpengaruh itu ..?

    BalasHapus
  94. Selamat malam pak
    Mau tanya, itu nilai sig dari mana? Apa sudah otomatis spt itu? Klo iya brarti semua penelitian yg menggunakan uji t hasilnya sama
    Terimakasih pak

    BalasHapus
  95. Assalamualaikum mas.. Mau tanya ini kan uji t saya - 2,810 dan t tabel 1,9888 dengan signifikan 0,006.. Nah berarti berpengaruh dong? Nah yang saya bingungin ketika kesimpulan uji t itu - 2,810 > 1,988 atau - 2,810 < 1,988 yang bener mas? Soalnya kan ini negatif hehe mohon bantuannya mas

    BalasHapus
  96. assalamualaikum pak mohon maaf saya mau tanya.
    Variabel x1 t hitung -0,770, tingkat sig. 0,444
    Variabel x2 t hitung 0,679, tingkat sig. 0,499.
    T tabel 1,99125.
    Analisisnya gimna pak? Terima kasih

    BalasHapus
  97. Mas saya mau tanya, untuk uji t hasil penelitian saya ini saya pake current rasio untuk x1, dan y adalah perubahan laba . Nah hasil uji t nya adalah nilai B itu positif, dan tidak sign diatas 0.05 . Artinya disini current rasio tidak berpengaruh ke paerubahan laba.

    Kira2 alasan yang tepat krna tidak berpengaruhnya apa yah mas ? Soalnya klw melihat nilai B nya dia positif.

    Makasih mas

    BalasHapus
  98. Kalau bertemu kasus sepertiniji sebaiknua bagaimana pak?

    BalasHapus
  99. selamat malam pak, saya punya penelitian variabel X nya ada 3 dan 1 variabel Y, ketika saya uji t parsial analisis regresi, hasilnya semuanya ditolak karena signifikasi yang saya ambil 0,05, begitupun dengan t tabel apakah tetap di masukkan ke dalam keterangan atau harus merubah signifikasi? BTW angkanya seperti ini pak :
    Sig : X1 0,078, X2 0,162, X3 0,054
    t : x1 1,888 x2 1,470 x3 2,095
    mohon saran dan solusinya pak

    BalasHapus
  100. Mau tanya pak, kalau coefficients std. Errorn Nol, t gak ada,dan sig nya juga gak ada dari semua variabel. Itu maksudnya bagaimana.

    BalasHapus
  101. Halo Mas Sahid, saya nemu kasus dimana satu variabel punya t hitung > t tabel, tapi sig. nya 0,051 > 0,50. Sedangkan diawal saya sudah mengatur bahwa pengambilan keputusan
    a. Jika tingkat signifikansi < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima (dan sebaliknya)
    b. Jika t hitung > t tabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima (dan sebaliknya)

    Apakah dalam penjabaran saya boleh menggunakan salah satu keputusan yang sudah diatur? Ini terjadi di 1 dari 5 variabel yang sy pakai. Yang lain aman-aman2 aja karena angkanya jelas, tapi satu variabel ini yang agak abu2 karena sig nya 0,051 > 0,05.

    Bagaimana solusinya mas? Terimakasih

    BalasHapus
  102. Dan ini menyebab kan mahasiswa berbohong, dan memanipulasi data.

    BalasHapus
  103. kak mau tanya jika output sya :
    t hitung 1,996
    t tabel 1,998
    sig. 0,05
    ada pengaruh tidak ya kak ?
    seharusnya kan jika signiffikasi kurang dari 0,05 ada pengaruh tapi kalau sama dengan 0,05 ada pengaruh atau tdak ya jadinya ?

    BalasHapus
  104. Cara bikin kurvanya gimana yah?

    BalasHapus
  105. Pak Satya uji regresi berganda tapi Niki t hanya titik saja dan sing nya kosong kita kira yang salah apa ya?? Itu saya lakukan dengan 4 variabel tapi jika dengan 3 ada hasilnya pak??? Gimana ya pak??? Mohon solusinya? Terimakasih

    BalasHapus
  106. Pa gimana cara untuk mengatasi variabel x2 dengan y bisa berpengaruh

    BalasHapus
  107. pa mau tanya pa, penelitian saya tentang pengaruh literasi digital terhadap kualitas pelayanan. apabila tstatistiknya = 0.964 dan pvalue=0.336 dan ttabel=1.98, rho= 0.05, itu cara membacanya gmn ya pa? hasilnya signifikan atau engga ya pa? krn saya masih bingung..

    BalasHapus
  108. Assalamu'alaikum pak.
    Pengaruh problem solving terhadap aspek kognitif, afektif dan psikomotor itu
    Uji hipotesisnya secara bersama sama menggunakan rumus apa pak atau spssnya apa pak

    BalasHapus
  109. Saya menguji X1 terhadap Y berpengaruh, lalu saya menguji X2 terhadap Y berpengaruh juga, saat saya uji bersama2 X1 dan X2 terhdapa Y tidak berpengaruh X1 nya, apakah boleh sendiri2 pak?

    BalasHapus
  110. Bukannya itu udah bner yah pak.. jadi kesimpulannya kan gini bahwa variabel x berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap Variabel y.. bukannya gtu ya

    BalasHapus
  111. assalamualaikum pak mau tanya nilai kan nilai sig saya x1 0,575 sedangkan t hitungnya 0,564 dan t tabelnya 1,998 itu jadinya hasil nya positif apa negatif yaa ?

    BalasHapus
  112. selamat malam, saya ingin bertanya.
    bagaimana jika hasil t hitung adalah negatif (-3739)
    lalu nilai t tabel 1,94

    maka, bagaimana perlakuannya? apakah krna t tabel positif maka dikatakan lebih besar dari t hitung ?

    atau tanda positif negatif diabaikan dan dilihat nilainya?

    BalasHapus
  113. kak maaf saya kan hipotesisnya satu arah.. jika ikutin cara ini untuk uji t... apakah yg saya uji dengan cara ini satu arah atau 2 arah ya? dn ap yg hrus sya lkukan trmksh...

    BalasHapus
  114. Meskipun sudah 2019, saya sangat berharap admin berbaik hati menjawab apa yang ingin saya konsultasikan.

    Jadi, saya sempat dengar, jika nilai sig. 0,000 itu syarat akan manipulasi data. Karna dinilai tersebut terlalu indah.

    Apakah anggapan ini dibenarkan?

    BalasHapus
  115. Maaf mau tanya, untuk kurva itu dilihat nya darimana ? Apa dibuatkan terpisah dari hasil olah data ? Terimakasih

    BalasHapus
  116. Saya mau tanya mas, kalau misalnya nilai t sudah signifikan dan positif tapi std error nya 0,78 apakah itu benar atau ada pengaruhnya sama uji t nya. Misalkan dibuat penjelasannya itu dibuat. Ok terima kasih

    BalasHapus
  117. Permisi, maaf saya ingin bertanya jika di variabel saya, koefisien tertulis positif tapi sig-nya tertulis 0,766>0,05 tetapi di uji f nya 0,00 > 0,05 itu bagaimana ya pak kesimpulannya

    BalasHapus
  118. Kak Uji T saya didapet thitung 0,105 < ttabel 2,365, sehingga ho diterima.dan nilai signifikansi 0,920 < 0,05 sehingga tidak signifikan. Untuk menentukan kesimpulan negatif atau positifnya gmna? Saya masih bingung. Kalau kaya gtu berarti kesimpulannya kaya gimna?

    BalasHapus
  119. Mau tanya gan, misal saya kan menguji variabel x1 x2 x3 x4 sama y1 nah apakah dalam mencari pengaruh harus < dari 0.05 semua

    BalasHapus
  120. Mas saya mau beratanya jika hasil uji T saya variabel harga signifikasinya 0,112 > 0.05 itu dikatakan valid atau tidak yah, apa saya harus uji ulang dr awal atau gimana

    BalasHapus
  121. Mas mau tanya gimana caranya agar persamaan linear sederhana itu signifikan atau berpengaruh,kok penlitian saya tidak berpengaruh ya

    BalasHapus
  122. Pak .maaf mau tanya saya untuk mengetahui nilai signifikan saya pakai perbandingan t-tabel. Tetapi bagaimana jika hasil t-tabel dengan t-hitung itu sama. Apakah penelitian dianggap berpengaruh atau tidaj terdapat pengaruh? Mohon jawabannya pak. Terimakasih

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak sobat disini. Sehingga saya tau bahwa artikel di atas bermanfaat. Terimakasih